Senin, 13 Juni 2016

Pelayanan Kebidanan


Pelayanan Kebidanan
Pelayanan kebidanan adalah suau praktik pelayanan kebidanan kesehatan spesifik yang bersifat reflektif dan analisis ditujukan pada wanita khususnya bayi, ibu dan balita. Dilaksanakan secara mandiri dan profesional yang didukung oleh seperangkat ilmu pengetahuan yang saling terkait dengan menggunakan metode ilmiah , iladsi oleh etika dan kode etik profesi.
            Sasaran pelayanan kebidanan adalah individu , keluarga dan masyarakat, yang meliputu upaya-upaya sebagai berikut :
1)  Peningkatan (promotif) : misalnya dapat dilakukan dengan adanya promosi kesehatan (penyuluhan tentang imunisasi, himbauan kepada masyarakat untuk pola hidup sehat)
2)  Pencegahan ( preventif) : misalnya melakukan dengan imunisasi pada bayi untuk mencegah penyakit seperti Hepatitis B, Polio, cacar dsb.
3)   Penyembuhan (kuratif) : dilakukan sebagai paya pengobatan, misalnya pemberian tranfusi darah pada ibu anemia setelah persalinan.
4)   Pemulihan (rehabilatif) : contohnya pemulihan ibu post SC
Layanan kebidanan dapat dibedakan menjadi :
1.    Layanan kebidanan primer adalah layanan bidan yang sepenuhnya menjadi tenggung jawab bidan
2.    Layanan kebidanan kolaborasi adalah layanan bidan sebagai anggota tim yag kegiatanya dilakukan bersama atau sebagai salah satu urutan dari sebuah proses kegiatan pelayanan kebidanan
3.    Layanan bidan rujukan adalah layanan yang dilakukan oleh bidan dalam rangka rujukan ke sistem yang lebih tinggi. Misalnya Rujukan bidan ke rumah sakit.
Pelayanan kebidanan terintegritasi dengan pelayanan kesehatan. Selama ini pelayanan kebidanan tergantung pada sikap sosial masyarakat dan keadaan lingkungan dimana bidan bekerja. Kemajuan sosial ekonomi merupakan parameter yang amat penting dalam pelayanan kebidanan.
Parameter kemajuan sosial ekonomi dalam pelayanan kebidanan antara lain :
1.  Perbaikan status gizi ibu dan bayi
2.  Cakupan pertolongan persalinan oleh bidan
3.  Menurunnya angka kematian ibu melahirkan
4.  Menurunnya angka kematian neonatal
5.  Cakupan penanganan resiko tinggi
6.  Meningkatnya cakupan pemeriksaan neonatal
Bidan sebagai tenaga, pemberi pelayanan kebidanan, harus menyiapakan diri untuk mengantisipasi perubahan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kebidanan.
1. Pelayanan Kebidanan yang Adil
Keadilan dalam memberikan kebidanan adlah aspek yang poko dalam pelayanan bidan di Indonesia. Keadilan dalam pelayanan ini dimulai dengan :
a.   Pemenuhan kebutuhan klien yang sesuai
b.   Keadaan sumber kebidanan yang selalu siap untuk melayani
c.   Adanya penelitian untuk mengembangkan/meningkatkan pelayanan
d.   Adanya keterjangkauan ke tingkat pelayanan
Tingkat keersediaan tersebut adalah syarat utama untuk terlaksananya pelayanan kebidanan yang aman. Selanjtnya diteruskan dengan sikap bidan yang tanggap dengan klien, sesuai dengan kebutuhan klien, dan tidak membedakan pelayanan kepada siapapun.
2. Metode Pemberi Pelayanan Kebidanan
Pelayanan kebidanan diberikan secara holistik , yaitu : memperhatikan aspek bio, psiko, sosio dan kultural sesuai dengan kebutuhan pasien. Pelayanan tersebut diberikan dengan tujuan kehidupan dan kelangsungan pelayanan. Pasien memerlukan pelayanan dari provider yang memiliki kharakteristik sebagai berikut:
a.  Semangat untuk melayani
b.  Simpati
c.  Empati
d.  Tulus ikhlas
e.  Memberi kepuasan
Selain itu bidan sebagai pemberi pelayanan harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a.   Aman
b.   Nyaman
c.   Privacy
d.   Alami
e.   Tepat
Semua aspek managemen kebidanan didokumentasikan sebagai aspek legal dan informasi dalam asuhan kebidanan.
3.      Menjaga Mutu Pelayanan Kebidanan
Pelayanan kebidanan yang bermutu adalah pelayanan kebidanan yang dapat
Memuaskan setiap jasa pelayanan kebidanan yang sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk, serta yang penyelenggaranya sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan profesi yang telah ditetapkan.
Dimensi kepuasan pasien dapat dibedakan atass dua macam :
1)    Kepuasan yang mengacu pada penerapan kode etik serta standar pelayanan profesi kebidanan, mencakup :
       a.   Hubungan bidan dengan klien
       b.   Kenyamanan pelayanan
       c.   Kebebasan melakukan pilihan
       d.   Pengetahuan dan kompetensi teknis
       e.   Efektivitas pelayanan
2)    Kepuasan yang mengacu pada penerapa semua persyaratan pelayanan kebidanan.
Suatu pelayanan dikatakan bermutu bila penerapan semua persyaratan pelayanan kebidanan dapat memuaskan pasien dengan ukuran pelayanan kebidanan yang bermutu. Mencakup :
      a.    Ketersediaan pelayanan kebidanan
      b.    Kewajaran pelayanan kebidanan
     c.     Kesinambungan pelayanan kebidanan
     d.     Penerimaan jasa pelayanan kebidanan
     e.     Ketercapaian pelayanan kebidanan
     f.     Keterjangkauan pelayanan kebidanan
     g.    Efisiensi pelayanan kebidanan
     h.    Mutu pelayanan kebidanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar