Sabtu, 11 Juni 2016

MAKALAH EVALUASI KESEHATAN



KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga saya dapat menyelesaikan penulisan makaahl yang berjudul ‘’EVALUASI KESEHATAN’’untuk memenuhi tugas mata kuliah Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
 Dan harapan saya semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
  Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman saya, saya yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

                                                                                       Yogyakarta, juni 2016

                                                                                               












BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Sebuah organisasi pada umumnya dibangun dengan tujuan untuk mencapai target tertentu, demikian juga dengan organisasi yang bergerak dibidang kesehatan. Dan untuk mencapai target yang telah ditentukan tersebut maka manajemen organisasi akan melakukan berbagai langkah perencanaan (planning) sesuai dengan analisa situasi yang sudah dilaksanakan sebelumnya.
Ketika perencanaan itu sudah dilaksanakan maka akan dihasilkan capaian-capain tertentu dari masing-masing program dan unit organisasi. Maka kegiatan selanjutnya dari organisasi tersebut adalah mengukur sejauh mana capaian dari masing-masing program dibandingkan dengan perencanaan yang sudah ditetapkan diawal kegiatan organisasi. Dari keinginan untuk mengukur pencapaian hasil kerja inilah maka evaluasi dilaksanakan, baik terhadap program itu sendiri maupun terhadap langkah-langkah dalam pelaksanaan program.
Evaluasi  program, merupakan suatu istilah dalam manajemen yang cukup populer pada dekade terakhir ini, akan tetapi ini bukanlah suatu hal yang baru. Secara historis evaluasi program berkembang dan muncul dalam administrasi secara independen.
Evaluasi atau kegiatan penilaian merupakan bagian yang penting dari proses manajemen dan didasarkan pada sistem informasi manajemen. Evaluasi dilaksanakan karena adanya dorongan atau keinginan untuk mengukur pencapaian hasil kerja atau kegiatan pelaksanaan program terhadap tujuan yang telah ditetapkan.
Dengan  evaluasi akan diperoleh umpan balik (feed back) terhadap program atau pelaksanaan suatu kegiatan. Tanpa adanya evaluasi, sulit rasanya untuk mengetahui sejauh mana tujuan-tujuan yang sudah direncanakan oleh sebuah organisasi telah tercapai atau belum.                                                              1.2   Rumusan Masalah
1.    Apakah yang dimaksud dengan evaluasi program kesehatan?
2.    Apa saja tujuan dari evaluasi program kesehatan ?
3.    Apa saja ruang lingkup evaluasi program kesehatan ?
4.    Bagaimana cara pengukuran dan analisa ?                                                                                                           


1.3    Tujuan Pembuatan Makalah
1.3.1   Tujuan umum
                        1.Untuk mengetahui bagaimana cara melakukan evaluasi program kesehatan.
1.3.2    Tujuan khusus                                                                                                                                                                
1. Untuk mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan evaluasi       program kesehatan.                          
2. Untuk mengetahui dan memahami tujuan dari evaluasi program kesehatan.                                                   3. Untuk mengetahui dan memahami apa saja ruang lingkup dari evaluasi program kesehatan.                        
 4.  Untuk mengetahui bagaimana cara melakukan pengukuran dan analisa dalam evaluasi program  kesehatan.                                                                                                                                                                       
1.4  Manfaat Penulisan Bagi Mahasiswa
Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang evaluasi program kesehatan.
Untuk menambah pengalaman dalam hal melakukan evaluasi program kesehatan serta cara melakukan pengukuran dan analisanya.                                                                                                                               














BAB II
PEMBAHASAN

2.1 devinisi evaluasi kesehatan
Menurut American Public Health Association (Azwar, 1996) evaluasi adalah suatu proses menentukan nilai atau besarnya sukses dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Proses ini mencakup langkah-langkah memformulasikan tujuan, mengidentifikasi kriteria secara tepat yang akan dipakai mengukur sukses, menentukan besarnya sukses dan rekomendasi untuk kegiatan program selanjutnya.Evaluasi adalah suatu proses yang menghasilkan informasi tentang sejauh mana suatu kegiatan tertentu telah dicapai, bagaimana perbedaan pencapaian itu dengan standar tertentu untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara keduanya dan bagaimana manfaat yang telah dikerjakan dibandingkan dengan harapan-harapan yang ingin diperoleh.
 Evaluasi adalah kegiatan yang dilakukan dengan cara membandingkan hasil yang telah dicapai dengan rencana yang telah ditentukanEvaluasi merupakan alat penting untuk membantu pengambilan keputusan sejak tingkat perumusan kebijakan maupun pada tingkat pelaksanaan program (Wijono, 1999).
Evaluasi juga merupakan serangkaian prosedur untuk menilai suatu program dan memperoleh informasi tentang keberhasi lan pencapaian tuj uan, kegiatan, hasil dan dampak serta biayanya. Fokus utama dari evaluasi adalah mencapai perkiraan yang sistematis dari dampak program. Dengan demikian evaluasi merupakan suatu usaha untuk mengukur suatu pencapaian tujuan atau keadaan tertentu dengan membandingkan dengan standar nilai yang sudah ditentukan sebelumnya. Juga merupakan suatu usaha untuk mencari kesenjangan antara yang ditetapkan dengan kenyataan hasil pelaksanaan.
 Menurut Wijono (1997), evaluasi adalah prosedur secara menyeluruh yang dilakukan dengan menilai masukan, proses dan indikator keluaran untuk menentukan keberhasilan dari pelaksanaan suatu program dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.

Sementara menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata evaluasi berarti penilaian hasil. Evaluasi juga merupakan upaya untuk mendokumentasikan dan melakukan penilaian tentang apa yang terjadi dan juga mengapa hal itu terjadi atau dengan kata lain evaluasi adalah upaya untuk mengetahui apakah ada hubungan antara program yang dilaksanakan dengan hasil yang dicapai. Lebih jauh dikatakan bahwa evaluasi yang sederhana adalah mengumpulkan informasi tentang keadaan sebelum dan sesudah pelaksanaan suatu program.
Menurut WHO (1990) pengertian evaluasi adalah suatu cara sistematis untuk mempelajari berdasarkan pengalaman dan mempergunakan pelajaran yang dipelajari untuk memperbaiki kegiatan-¬kegiatan yang sedang berjalan serta men ingkatkan perencanaan yang lebih baik dengan seleksi yang seksama untuk kegiatan masa datang.

Menurut definisi dan pandangan yang telah dikemukakan terdapat beberapa pokok pikiran yang dapat disimpulkan, antara lain sebagai berikut :
1.Evaluasi merupakan prosedur atau cara membandingkan informasi tentang kegiatan pelaksanaan program atau hasil kerja dengan suatu kriteria atau tujuan yang telah ditetapkan.
2.Hasil evaluasi dapat digunakan untuk memperbaiki, mempertahankan ataupun mengakhiri program.
3.Dalam kaitannya dengan pengambilan keputusan, evaluasi merupakan sumber informasi yang digunakan untk memperbaiki kegiatan program yang sedang dilaksanakan atau untuk perencanaan yang lebih baik dimasa yang akan datang.
4.Evaluasi bidang kesehatan (WHO) termasuk kegiatan analisis berbagai macam aspek perkembangan dan pelaksanaan program dengan mempelajari relevansi, adekuasi, progres, efektivitas, efisiensi dan dampak dari program.
   Dengan demikian dapat dikatakan bahwa evaluasi adalah prosedur penilaian pelaksanaan kerja dan hasil kerja secara menyeluruh dengan cara sistematik dengan membandingkan kriteria atau tujuan yang telah ditetapkan guna pengambilan keputusan.

2.2 Jenis-jenis evaluasi
Evaluasi terdiri atas dua macam, yaitu Evaluasi formative dan Evaluasi summative :
1.Evaluasi formative, adalah evaluasi yang dilakukan pada tahap pelaksanaan program dengan tujuan untuk mengubah atau memperbaki program. Evaluasi ini dilakukan untuk memperbaiki program yang sedang berjalan dan didasarkan atas kegiatan sehari-hari, minggu, bulan bahkan tahun, atau waktu yang relatif pendek . Manfaat evaluasi formative terutama untuk memberikan umpan balik kepada manajer program tentang hasil yang dicapai beserta hambatan-hambatan yang dihadapi. Evaluasi formative sering disebut sebagai evaluasi proses atau monitoring.
2 Evaluasi summative, adalah evaluasi yang dilakukan untuk melihat hasil keseluruhan dari suatu program yang telah selesai dilaksanakan. Evaluasi ini dilakukan pada akhir kegiatan atau beberapa kurun waktu setelah program, guna menilai keberhasilan program.
Sedangkan menurut Azwar (1996), jenis evaluasi antara lain :
1.Evaluasi formatif (Formative Evaluation) yaitu suatu bentuk evaluasi yang yang dilaksanakan pada tahap pengembangan program dan sebelum program dimulai. Evaluasi formatif ini menghasilkan informasi yang akan dipergunakan untuk mengembangkan program, agar program bisa lebih sesuai dengan situasi dan kondisi sasaran.
2.Evaluasi proses (Process Evaluation) adalah suatu proses yang memberikan gambaran tentang apa yang sedang berlangsung dalam suatu program dan memastikan ada dan terjangkaunya elemen¬elemen fisik dan struktural dari pada program.
3.Evaluasi sumatif (Summative Evaluation) adalah suatu evaluasi yang memberikan pernyataan efektifitas suatu program selama kurun waktu tertentu dan evaluasi ini menilai sesudah program tersebut berjalan.
4.Evaluasi dampak program adalah suatu evaluasi yang menilai keseluruhan efektifitas program dalam menghasilkan target sasaran.
5.Evaluasi hasil adalah suatu evaluasi yang menilai perubahan-perubahan atau perbaikan dalam hal morbiditas, mortalitas atau indikator status kesehatan lainnya untuk sekelompok penduduk tertentu.                                                

2.3Tujuan evaluasi
1.Tujuan diadakan evaluasi suatu program biasanya bervariasi, tergantung pada pihak yang memerlukan informasi  hasil tersebut. Pimpinan tingkat atas memerlukan informasi hasil evaluasi berbeda dengan pimpinan tingkat menengah atau pimpinan tingkat pelaksana. Walaupun demikian pada dasarnya evaluasi dilakukan dengan tujuan sebagai berikut :
2.Untuk menetapkan penilaian terhadap program yang sedang berjalan dan kecenderungannya, apakah pencapaian target seperti yang telah ditetapkan dalam rencana program telah berjalan secara efektif dan efisien.
3.Sebagai alat untuk memperbaiki kebijaksanaan pelaksanaan program da perencanaan program yang akan datang. Hasil evaluasi akan memberikan pengalaman mengenai hambatan atau pelaksanaan program yang lalu selanjutnya dapat dipergunakan untuk memperbaiki kebijaksanaan dan pelaksanaan program yang akan datang.
4.Sebagai alat untuk memperbaiki alokasi sumber dana, daya, dan manajemen (resources) saat ini serta di masa-masa mendatang. Tanpa adanya evaluasi akan terjadi pemborosan pengunaan sumber dana dan daya yang sebenarnya dapat diadakan penghematan serta penggunaan untuk program-program yang lain.
5.Memperbaiki pelaksanaan dan perencanaan kembali suatu program. Sehubungan dengan hal ini perlu adanya kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain; mengecek relevansi dari program dalam hal perubahan-perubahan kecil yang terus-menerus, mengukur kemajuan terhadap target yang direncanakan, menentukan sebab dan faktor di dalam maupun di luar yang mempengaruhi pelaksanaan program.
6.Untuk meningkatkan efektivitas administrasi manajemen  program atau untuk memberikan kepuasan sehubungan dengan akuntabilitas yang diharapkan oleh atasan, penyandang dana program atau sponsor. Apabila evaluasi ini dikerjakan pada proyek atau program yang sedang berjalan akan membantu memotivasi dalam pelaksanaan program utamanya untuk meningkatkan kinerja (perfomance).
7.Untuk menilai manfaat program bagi masyarakat sasaran program. Masyarakat sasaran perlu mengetahui dengan kesadaran penuh mengenai hasil evaluasi program yang menyangkut dirinya. Misal  : masyarakat sasaran tentu ingin tahu bagaimana hasil program penyuluhan kesehatan ibu dan anak , dapat menurunkan angka kesakitan atau kematian bayi, atau pada program yang lain
pemberian garam yodium dapat menurunkan penderita gondok endemik di daerahnya. Sayangnya, hasil evaluasi seperti ini jarang disampaikan oleh penanggung jawab program kepada masyarakat sasaran dengan berbagai  evaluasinya.
Evaluasi harus digunakan secara konstruktif seperti terkandung dalam maksud dan tujuan , bukan untuk membenarkan tindakan yang telah lalu atau mencari-cari kekurangan dan tidak dimaksudkan untuk mengadili seseorang.

2.4 Sasaran Evaluasi Program
Evaluasi program merupakan kebutuhan banyak pihak, menjadi penting dan kompleks. Seperti telah disampaikan definisi adalah suatu evaluasi dalam pekerjaan adalah  evaluasi suatu proses penilaian suatu kinerja dari suatu proses kegiatan; dalam arti sempit biasanya evaluasi program dibatasi atau berfokus pada evaluasi hasil (out put) yang berhubungan dengan pencapaian sasaran program. Sedang evaluasi out come atau impact dibatasi terhadap “apa dampak yang secara nyata diterima akibat program yang diberikan (ditunjukan) dan manfaatnya (benefit) bagi masyarakat yang menerima pelayanan” . di dalam pengertian tersebut mencakup evaluasi terhadap : input-proses-out put-out come- dan impact.  Evaluasi program adalah suatu bentuk khusus dari evaluasi. Sesuai namanya evaluasi ini dilakukan terhadap program. Sebagaimana diketahui program adalah suatu rencana yang telah nyata kongrit ; suatu rencana yang telah mencantumkan tujuan, sasaran atau targetnya, penyediaan anggaran, SDM, sarana prasarana lainnya dan waktu yang dijadwalkan. Masing-masing elemen program tersebut telah ditetapkan atau telah dibuat standar sebelumnya yang daapt diukur dalam perkembangan pelaksanaannya. Seiring dengan penjelasan tersebut, evaluasi program mencakup :
1.Evaluasi terhadap tujuan program yang telah ditentukan
2.Evaluasi terhadap sasaran program yang dituju
3.Evaluasi terhadap target (hasil) program yang ditetapkan
4.Evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan, sasaran dan target.
5.Evaluasi terhadap sumber daya yang digunakan
6.Evaluasi terhadap waktu yang diperulukan dalam pelaksanaan
Dengan demikian evaluasi program berhubungan dengan nilai atau harga dari elemen-elemen ; tujuan, sasaran, target, sumber daya dan waktu penyelesaiansuatu proyek atau program.Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa :
1.Evaluasi program bukanlah suatu keputusan, namun suatu penetapan penilaian, yang dikenadalikan oleh aturan-aturan. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan barulah dibuat suatu keputusan, seperti sukses atau tidak sukses, gagal atau berhasil
2.Evaluasi program difokuskan pada penilaian terhadap kinerja (performance) program bukan terhadap orangnya.
3.Evaluasi berdasarkan standar dan perbandingan yaitu perbandingan antara hasil yang direncanakan atau dikerjakan dengan hasil yang dicapai. Untuk itu diperlukan indikator-indikator, yang sejak awal perencanaan (atau sebelum pelaksanaan) program telah ditetapkan.
Dengan demikian data dikatakan nahwa evaluasi merujuk pada tiga hal :
1.Suatu nilai harga
2.Apakah program dilaksanakan sebagaimana direncanakan, dan
3.Penetapan penilaian.

2.5   Ruang Lingkup Evaluasi
            Evaluasi bersangkutan secara langsung dengan sistem diluar organisasi baik supra sistem, sub sistem maupun sistem-sistem lain yang berkaitan. Terdapat dua pandangan tentang kedudukan evaluasi, apakah seharusnya evaluasi dilakukan oleh pihak luar atau dari dalam organisasi sendiri. Evaluasi eksternal diperlukan agar lebih objektif, namun juga dipertimbangkan apakah itu pantas dilakukan, timbul perasaan khawatir dirugikan, faktor keamanan dan tentu memerlukan anggaran tambahan dan kelengkapannya. Sedang evaluasi internal, secara nyata jelas menjadi tanggung jawab manajer dan manajerlah yang memeberikan penugasan kepada evaluator sehingga tidak ada masalah tentang keputusan. Mengenai apa yang dimaksud dengan objektif sendiri banyak diartian secara subjektif. Pada umumnya dimaksud dengan objektif adalah berdasarkan data atau fakta yang tidak dapat dibantah, yang dilandasi dengan pengetahuan ilmiah. Dengan demikian seharusnya baik evaluasi internal maupun eksternal didasari kerangka logis ilmiah dan tidak memihak, untuk membantu kelancaran tugas manajer dalam mencapai tujuan dan sasarannya dengan berhasil.

2.6  PROSES EVALUASI
Ada  empat dimensi  atau langkah kegiatan.
1. Dimensi kegiatan berpikir secara konseptual
Terdiri dari formulasi tujuan, sasaran, dan manfaat evaluasi. Formulasi sumber dan informasi yang dibutuhkan. Formulasi kriteria yang akan digunakan. Formulasi model atau kerangka kerja.
2. dimensi kegiatan operasional
meliputi kegiatan mengumpulkan informasi baik melalui kegiatan wawancara, observasi, nominal group technique, dan lain-lain. Jenis informasi bis aprimer maupun sekunder.
3. Dimensi Kegiatan penilaian
Meliputi formulasi derajat keberhasilan, formulasi dan identifikasi masalah, formulasi factor-faktor penunjang dan penghambat program,  formulasi sebab ketidakberhasilan program.
4.    Dimensi kegiatan tindak lanjut
Meliputi formulasi atau rekomendasi tindak pemecahan masalah, feedback mekanisme kebutuhan informasi tambahan, feedback hasil evaluasi kepada institusi yang membutuhkan, follow up atau monitoring dari pelaksanaan tindak koreksi atau pemecahan masalah.

2.7   Mekanisme Evaluasi
            Langkah yang mendasar yang esensial diperlukan untuk evaluasi program dan hubungannya satu dengan lainnya adalah sebagai berikut :
Langkah 1 : Deskripsi program, tujuan dan sasaran spesifik
Langkah pertamadalam melaksanakan evaluasi program adalah untuk menghasilkan detail deskripsi program yang dimaksud, termasuk tujuan dan sasaran program. Karena evaluasi sellu meramalkan tentang sasaran program, sasaran tersebut harus dispesifikasi sebelum dilanjutkan dengan banyak aktifitas-aktifitas evaluasi lainnya. Disini jelas bahwa evaluasi tidak akan berharga apabila program tak mempunyai tujaun atau sasaran dengan krieria yang jelas atau kabur sehingga evaluasi tidak bermanfaat ; evaluasi akan menilai apakah tujuan dan sasaran tercapai atau tidak (berdasarkan kriteria).
Langkah 2 : Penetapan keriteria untuk evaluasi
Setelah tujuan dan sasaran ditetapkan dan program telah dideskripsikan cukup detail dan seluruhnya, kriteria evaluasi bisa ditetapkan berdasarkan :
1)      Kriteria yang melekat pada rencana program yang telah dibuat sebelumnya, disini evaluasi akan lebih mudah
2)      Jika sasaran untuk program berdasar kriteria dari referensi ilmiah atau professional tertentu, kriteria evalyasu perlu disesuaikan
3)      Jika sasaran tidak tertulis dengan kriteria implisit untuk evaluasi, kriteria harus dikembangkan. Kunci untuk mengembangkan kriteria evalusi bermanfaat untuk mendesain sehingga ukuran data yang diperlukan dan intrepretasinya jelas.

Langkah 3 : Pemiihan Desain Evaluasi
Desain evaluasi menyesuaikan program yang bersangkutan . berbagai desain berbeda bisa diterapkan untuk evaluasi program. Dalam mengembangkan prosedur evaluasi, desain evaluasi harus diseleksi dan dipilih, termasuk semua tugas dan isu yang berkaitan dengan evaluasi. Seleksi desain evaluasi dimaksudkan untuk meramal banyak tugas yang berhubungan dengan prosedur yang digunakan. Selain itu, banyak pertanyaan dan isu yang muncul dengan prospek evaluasi akan dijawab melalui desain yang diseleksi.

Langkah 4 : Pengumpulan data untuk penilaian
Langkah keempat dalam evaluasi program adalah mengumpulkan data untuk menilai perkembangan program berkaitan dengan kriteria evaluasi dan desain evaluasi yang telah ditetapkan. Kunci keberhasilan dalam menyelesaikan fase evaluasi ini adalah adaya kumpulan data yang jujur, sistematis, dan sesuai evaluasi keperluan. Penyimpangan dalam cara pengumpulan data, atau cara penetapan kriteria untuk evaluasi, bisa merusak seluruh usaha evaluasi, jadi konsistensi adalah penting.

Langkah 5 : Analisis data
Analisis terhadap data yang dikumpulkan dibandingkan dengan kriteria evaluasi. Dapat dilakukan analisis deskriptif atau analisis inferensial sesuai maksud dan tujuan serta desain evaluasinya. Analiss harus menunjukan dimana program yang memenuhi kriteria untuk keberhasilan, dan harus juga mengidentifikasikan komponen yang butuh peningkatan.

Langkah 6 : Laporan hasil evaluasi
Laporan evaluasi program harus dibuat untuk menjelaskan bagaimana program dievaluasi, apakah pertanyaan yang ditunjukan, dan apakah pertanyaan yang ditujukan, dan apakah hasil akhir, apa SWOT nya. Ketika menulis laporan, apa yang sekirannya dipikirkan dan diharapkan yang berkaitan dengan tujuan dan sasaran program oleh pembaca laporan harus dipertimbangkan. Penggunaan jargon teknis mungkin sulit bagu beberapa pembaca, namun laporan yang tidak cerdas akan menimbulkan pertanyaan bagi pembaca yang lain. Sebagai contoh, laporqan yang menekankan pada satu aspek suatu program seperti performa personel adalah mungkin bisa jadi penting untuk beberapa pembaca, namun sementara pembaca lainnya masih mencari isi laporan tentang hasil akhir adanya perubahan perilaku (outcome). Hal ini umumnya penting untuk membahas efek program  yang mempunyai target populasi dan rencana kelanjutannya, berkaitan dengan pencapaian tujuan dan sasaran program. Laporan hasil evaluasi dapat berupa laporan menyeluruh, laporan ekesekutif, atau laporan ringkasan.

Ø  Perencanaan evaluasi : langkah dan produk
Langkah perencanaan evaluasi
Produk
·         Deskripsi tujuan dan sasaran program
·         Menetapkan keriteria evaluasi
·         Membuat desain evaluasi yang sesuai
·         Merencanakan untuk pengumpulan data
·         Analisis data
·         Membuat laporan hasil evaluasi
·         Target untuk evaluasi
·         Standar untuk perbandingan
·         Pendekatan yang digunakan untuk evaluasi
·         Prosedur dan teknik pengumpulan data
·         Statsistik deskriptif, inferensial atau angka-angka epidemiologis
·         Laporan hasil evaluasi : laporan komprehensif, monograf, laporan ringkasan, laporan eksekutif

Ø  Apabila akan mengevaluasi kinerja manusia maka yang perlu diperhatikan adalah:
1.  Meyakinkan responden akan pentingnya evaluasi kinerja.
2.  Mentukan sasaran populasi dengan tepat, yang saling berkaitandan berkepentingan dan yang diperlukan.
3. Hindari pertanyaan langsung atau pribadi.
4. Tidak perlu memakai pertanyaan isian atau pertanyaan bersifat opini.


2.8   Pengukuran Dan Analisis
Beberapa yang diperlukan dalam evaluasi program antara lain :
1.      Kriteria dan indikator keberhasian dan cara mengukurnya.
Sebagian program sosial masyarakat keberhasilannya diukur secara kualitatif (kesehatan, kesejahteraan, pendidikan, pekerjaan, atau tenaga kerja, lingkungan hidup, pemukiman). Tanpa kecuali, penilaian secara kualitatif tersebut dapat dikuantitatifkan dalam angka-angka atau data dasar yang dapat dipertanggungjawabkan dengan benar termasuk efektivitas dan efisiensi program.
2.      Cost benefit analysis
Cost benefit analysis saat ini merupakan alat evaluasi yang dapat diperhatikan, dimana seorang manajer harus memperhitungkan cost dan benefitnya dalam program-programnya. Demikian pula dalam menentukan atau memilih program alternatif atau program baru. CBA sering digunakan untuk membandingkan efisiensi dari program alternatifdengan tujuan berbeda. Informasi yang diperlukan adalah informasi tentang manfaat (benefit) dan biaya (cost) dari pelayanan. Benefit adalah nilai keuntungan yang diperoleh baik individu,pemerintah (pembeli jasa), maupun masyarakat dari suatu kegiatan atau program pelayanan kesehatan. Cost adalah biaya untuk satu jenis program atau kegiatan pelayanan, ditambah biaya pelayanan efek samping dan komplikasi.
3.      Model organisasi dan kepemimpinan
Seorang evaluator sebelum melakukan kegiatannya diharapkan memahami berbagai model struktur organisasi dan kepemimpinan dalam organisasi yang hendak dilakukan evaluasi. Pengetahuan evaluator tentang organisasi dapat berdasarkan :
Pengalaman, pengalaman empiris mungkin sangat diperlukan, atau mungkin tidak diperlukan.
Studi tentang teori organisasi, suatu organisasi berdasarkan model atau pendekatan structural dalam pendekatan hubungan antar manusia (human relationship model).
General system theory, suatu organisasi memiliki sistem sendiri, berhubungan dengan sistem lain diluar dirinya, menyusun supra sistem dan ordinat yang mempunyai tata kerja dan tata hubungan masing-masing dalam mencapai tujuannya.
Model psikologi  dan perilaku organisasi, didalam suatu organisasi dilihat dari orang yang berinteraksi sebagai anggota organisasi, periaku manusia di dalam organisasi dalam kedudukan (posisinya) di dalam organisasi, bagaimana komunikasi saluran komunikasi yang ada dan perlu dipahami.
4.      Control grups
Kntrol dalam evaluasi adalah suatu hal yang vital. Outcome dari suatu pelayanan mungkin tidak bisa diukur, tetapi menetapkan suatu keputusan penilaian, dengan membandingkannya dengan model alternatif yang lain, atau pelayanan lain tidak selalu bisa dilakukan.control grups dalam pelayanan public sulit diwujudkan karena mahal, dianggap tidak etis dan ada keterbatasan waktu.
5.  Studi epidemiologi dibidang kesehatan.
Evaluasi program kesehatan sering berkaitan dengan estimasi tentang frekueansi dan distribusi suatu penyakit disuatu wilayah dalam suatu waktu. Estimasi kebutuhan pelayanan kesehatan yang diperlukan berdasarkan data-data dan informasi tentan masalah-masalah kesehatan yang berkaitan, seperti : berapa persen kejadian prevalensi sakit, berkaitan dengan umur, sex, pekerjaan, penghasilan, daerah, dan suku bangsa.

2.7   Indikator Evaluasi Program Kesehatan
            Dalam WHO, indikator didefinisikan sebagai variable yang membantu untuk mengukur perubahan. Indikator adalah variable yang dapat membantu mengukur perubahan-perubahan. Variable adalah alat bantu evaluasi yang dapat mengukur perubahan secara langsung atau tak langsung. Misalnya, kalau tujuan dari program adalah untul melatih sejumlah tertentu tenaga kesehatan tiap tahun, maka suatu indikator langsung untuk mengevaluasi boleh jadia berupa jumlah tenaga kesehatan yang betul-betul dilatih setiap tahunnya. Contoh lain jika uang dievaluasi adalah hasil suatu program untuk memperbaiki tingkat kesehatan golongan anak-anak, mungkin perlu untuk mengukur setiap perbaikan dengan menggunakan beberapa indikator yang secara tak langsung dapat mengukur adanya perubahan pada tingkat kesehatan mereka, misalnya status gizi yang digambarkan dengan berat badan terhadap tinggi badan, angka kecukupan imunisasi, kesanggupan belajar, angka kematian menurrut golongan umur, angka kesakitan, jenis penyakit tertentu, dan angka penderita cacat golongan anak-anak.
            Indikator harus valid, objektif, sensitif dan spesifik. Dalam memilih indikator harus diperhitungkan sejauh mana indikator tersebut sah, bisa dipercaya, sensitif dan spesifik.
·         Validitas atau keabsahan mempunyai arti bahwa indikator tersebut betul-betul mengukur hal-hal yang ingin diukur. Indikator ini dapat digunakan untuk mengambarkan keadaan kondisi atau status kesehatan yang sebenarnya.  
·         Reliabilitas atau dapat dipercaya mempunyai arti bahwa biarpun indikator digunakan oleh orang yang berlainan, pada waktu yang berlainan, hasilnya akan tetap sama.
·         Kepekaan atau sensitif berarti bahwa indikator tersebut harus peka terhadap setiap perubahan mengenai keadaan atau fenomena yang dimaksud. Akan tetapi suatu indikator dapat juga sensitif terhadap lebih dari satu keadaan atau fenomena.
·         Kekhususan atau spesifisitas berarti bahwa indikator tersebut dapat menunjukan perubahan-perubahan hanya mengenai keadaan atau fenomena yang dikhususkan baginya.
Macam Indikator kesehatan :
1.      Indikator yang berkaitan dengan status kesehatan yang berhubungan dengan kualitas hidup dan itu berarti mengukur pelayanan kesehatan. Sebagai indikator survival yang utama untuk mengukur sistem kesehatan masyarakat seperti ditetapkan WHO 1981 ; Untuk mencapau health for all by year 2000, adalah angka kematian bayi  maximum 50 per 1000 bayi lahir hidup dan angka harapan hidup waktu lahir minimal adalah 60 tahun atau lebih. Indikator survival selain itu adalah indikator kualitas hidup, disini tentu saja tidak hanya indikator kesehatan namun juga indikator kesehatan lainnya berupa indikator pertumbuhan badan, idnikator status gizi, dan yang spesifik adalah angka kesakitan dan kematian bayi dan anak.
2.      Indikator non kesehatan yang berhubungan dengan kualitas hidup seperti : indikator sosial ekonomi, pendidikan, budaya, lingkungan hidup dan perumahan, status kesehatan wanita. Kulaitas hidup bersifat multi sektoral dan menjadi masalah serta diselesaikan secara multi sektoral. Dengan demikian evaluasi, juga multisektoral.
Contoh indikator program kesehatan :
1.      indikator kebijakan kesehatan :
a.       komitmen politis pada tingkat tinggi terhadap kesehatan bagi semua.
b.      Alokasi sumber daya yang cukup untuk layaan kesehatan dasar.
c.       Tingkat keterlibatan masyarakat dalam mencapai kesehatan bagi semua
d.      Penyusunan stautu kerangka organisasi dan manajerial yang sesuai dengan strategi nasional untuk kesehatan bagi semua.
e.       Manifestasi praktis dari komitmen politik internasional untuk kesehatan bagi semua.
2.      Indikator status kesehatan
a.       Prosentase bayi-bayi yang di lahirkan dengan berat badan pada waktu lahir paling sedikit 2500 g.
b.      Prosentase anak yang berat badannya menurut umur dengan norma-norma tertentu.
c.       Indikator-indikator perkembangan psikososial anak-anak.
d.      Angka kematian bayi.
e.       Angka kematian anak.
f.       Angka kematian anak  di bawah umur  5 tahun.
g.      Harapan hidup pada umur tertentu.
h.      Angka kematian ibu.
i.        Angka kematian menurut jenis penyakit.
3.      Indikator sistem manajemen kesehatan
Indikator input atau indikator masukan seperti tersedianya sumber daya tenaga kesehatan, tersedianya anggaran kesehatan, perlengkapan, obat-obatan yang diperlukan, dan tersedianya metode pengobatan, pemberantasan penyakit, standart opening procedure klinis dan sebagainya.
Indikator proses diapndang dari sudut manajemen yang diperlukan adalah pelaksanaan dari pada fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan perantauan, pengendalian dan penilaian. Secara khusus dalam proses pelayanan kesehatan berkaitan dengan upaya peningkatan mutu asuhan kesehatan quality assurance yaitu menjaga mutu, kepatuhan terhadap standar operasional pelayanan medis (SOP).
            Indikator output (hasil program) merupakan ukuran-ukuran khusus bagi outup program seperti jumlah puskesmas yang berhasil dibangun, jumlah kader gizi yang terlatih, jumlah anak yang diimuniasasi, jumlah MCK yang dibangun, panjang pipa air yang berhasi dipasang san sebagainya. Jumlah orang yang diobati atau kunjungan yang mendapat pelayanan kesehatan.
            Indikator outcomes (dampak jangka pendek) adalah ukuran-ukuran dari berbagai dampak program seperti meningkatnya derajak kesehatan anak balita, menurunnya angka kesakitan.
            Indikator impact (dampak jangka panjang) seperti angka kematian bayi, angka kematian ibu, meningkatnya status gizi anak dan sebagainya. Istilah-istilah tersebut sering kali tidak dibedakan antara dampak jangka pendek dan dampak jangka panjang.
          










BAB III
PENUTUP


Demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai materi yang menjadi bahasan dalam makalah ini, tentunya banyak kekurangan dan kelemahan kerena terbatasnya pengetahuan kurangnya rujukan atau referensi yang saya peroleh hubungannya dengan makalah ini Penulis banyak berharap kepada para pembaca yang budiman memberikan kritik saran yang membangun kepada kami demi sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis para pembaca khusus pada penulis. Aamiin



















DAFTAR PUSTAKA

diakses dari http://www.geocities.ws/klinikikm/manajemen-kesehatan/evaluasi-program.htm, tanggal  sitasi  06/09/2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar